Instagraming

Nuklir Iran Terus Melenggang


Selasa, 18 Mei 2010 | 09:20 WIB
wordpress.com
Ilustrasi
TERKAIT:

* UE: Perjanjian Nuklir Iran Tak Tuntas
* Iran, Brasil, Turki setuju Tandatangani
* Iran Setuju Pertukaran Bahan Nuklir
* Masyarakat Belum Bisa Terima Nuklir

KOMPAS.com — Kepada publik Iran sudah mengatakan bakal melakukan pengayaan nuklirnya. Hasilnya, publik malah menyambut dingin dan Iran pun terus melenggang.

Media massa skala internasional, mulai dari AP hingga Reuters, mencatat pada Selasa (18/5/2010), cuma Paman Sam (Amerika Serikat) yang ketar-ketir terhadap tindakan Iran ini. Bersama konconya, Inggris, AS bakal menyiapkan resolusi lagi di PBB untuk sanksi lanjutan terhadap Teheran.

Kalau dua sekutu kebat-kebit hatinya, lain lagi sikap Turki, Brasil, dan Rusia. Ketiga negara itu berada di belakang Iran. "Pernyataan Iran itu membesarkan hati," komentar Rusia.

Sementara itu, Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) mengatakan, Iran telah meminta Teheran mengirimkan pengukuhan tertulis mengenai rincian kesepakatan tersebut. Walau Barat mencurigai program nuklir itu bertujuan untuk menghasilkan senjata, Iran bersikukuh menyatakan program atomnya dirancang hanya untuk memenuhi kebutuhan energi.

Sebulan

Dalam kesepakatan melalui perundingan dengan penengah Turki dan Brasil, Iran menyatakan siap untuk mengirimkan uranium dalam waktu satu bulan setelah Kelompok Vienna, yakni AS, Rusia, Perancis, dan IAEA, memberikan persetujuan.

Teheran mengharapkan kesepakatan baru yang menetapkan pengiriman 1.200 kilogram uranium yang telah diperkaya dalam kadar rendah (low-enriched) ke Turki dengan imbalan bahan bakar nuklir berkadar lebih tinggi untuk reaktor riset akan bisa mencegah sanksi baru diterapkan.

Komentar

Postingan Populer