Instagraming

apa yang menyebabkan sebuah PAHAM dilarang?


dunia ini dipenuhi oleh pelbagai masalah yang harus diselesaikan. berbagai cara diekspresikan agar bisa menyelesaikan masalah-masalah yang muncul. terkadang, cara yang ditawarkan memiliki kelemahan. nah, pada saat tertentu, terjadi goncangan karena perbedaan cara dalam menyikapi masalah.

diawali dengan mulainya sebagian orang membenarkan pendapat seseorang yang lain. timbul beberapa pendukung dari yang menolak. karena diakibatkan fanatism kelompok, muncullah ketertarikan untuk memulai konflik antar kelompok. hal ini disebabkan rasa tak ingin kalah dari yang lain. proses ini akan menjadi lebih rumit apabila salah satu kelompok bergabung dengan pihak penguasa. pola pertarungan bisa saja berubah. yang pada awalnya adalah adu ketangkasan pemikiran, kini berganti pada pertarungan POLITIK.

ruang perpecahan ini menjadi ruang terbaik untuk munculnya konflik baru yang lebih besar. dukungan dari penguasa akan menjadikan pihak yang lain tersisih. perasaan yang tetap tidak ingin kalah akan membutakan sebagian dari mereka. perasaan ini pada mulanya hanya muncul kepada sebagian orang tidak penting saja. pola pemikiran mereka menjadi alat provokasi efektif dalam kelompok yang tersisih.

ketika guncangan ketidakpuasan melimpah, rasa untuk mengekspresikan akan muncul seiring dengan ketidakpedulian penguasa terhadap pendapat kelompok yang satu ini. spanduk-spanduk mengecam penguasa mulai muncul dipersimpangan jalan. aksi demo mulai menjalar hingga menyebabkan terjadinya hambatan bagi ekonomi.

lambat laun, keteledoran penguasa untuk menyelesaikan masalah ini dengan bijak menyebabkan suatu hal yang tidak pernah diharapkan. keangkuhan penguasa telah mengubah perjuangan yang dimulai dari adu pemikiran menjadi bentrokan berdarah.

konflik akan meluas. penguasa yang notabene lebih kuat melancarkan serangan gas air mata untuk membubarkan massa. situasi mencekam. dan penguasa mengambil alih kondisi. keluarlah PELARANGAN PAHAM kelompok yang kalah tersebut. dan berakhirlah sebuah proses demokrasi yang berawal dari perbedaan pendapat. menjadi kungkungan besar oleh PENGUASA.

Komentar

Postingan Populer