Instagraming

Aksi Damai Kedua: Istilahnya “Care” man!!


                Udah 1 tahun lebih dalam kenangan ane. Ya 1 tahun lebih untuk kembali turun ke jalan melakukan aksi damai. Jika aksi yang lalu hanya untuk sekedar memberikan dukungan terhadap “nasib saudara di timur tengah”, kali ini, aksi damai nya konsepnya berbeda. Entah karena yang mengonsepnya adalah mahasiswa STAN atau memang seperti inilah aksi damai itu, yang pasti kali ini interaksi dengan masyarakat jauh lebih baik dan lebih hangat. Ya hangat, bahkan masyarakat malah mengikuti beberapa program dalam aksi damai kali ini.
                Aksi ini juga sepertinya agak berbeda. Hal ini disebabkan ada simbolisasi penghapusan jejak jelek “gayus”. Kita sudah terzalimi karena usaha kita untuk membangun Indonesia disebelah matakan. Contohnya saja saya, ketika saya lulus USM STAN,  dan saya ke Rumah Sakit untuk check kesehatan, ada dokter yang bilang, “Lulus STAN ya? Calon gayus tuh”. Shit!!! Itu melukai tahu ga? Nah, aksi ini diharapkan menghilangkan “ketidakdewasaan” pemikiran para penzalim terhadap hal ini.
                Ada hal yang lebih penting saya pikir kenapa aksi ini mendapat tanggapan baik dari masyarakat.                 Pertama, dalam hitungan tahun, mungkin ini adalah aksi damai pertama dari kampus STAN. Masyarakat sekitar cenderung menganggap kampus STAN adalah kampus yang tenang, aman dan terkendali. Beberapa dari masyarakat menuturkan,”Kita ga nyangka anak-anak STAN bakal turun kek gini membahas anti korupsi. Kita dukung aksi kalian. Kita setuju”. Sebagian dari mereka menganggap anak anak STAN cenderung terpaku pada kuliah dan kegiatan kampus, sedangkan untuk urusan politik, not attractive enough. Ya walau pada kenyataan nya seperti itu, we have to make some difference. We are different generation. Itu yang saya pikirkan
                Kedua, aksi damai ini membagikan Stikers, pin, gantungan kunci dan gelang karet dari KPK yang bertemakan “Anti Korupsi”. Everyone, including me, pasti akan tertarik jika ada pembagian natura keren seperti ini. Dan itu Gratis!!! Nah, masyarakat sangat appreciate this kind of thing. Kata mereka apa yang dibagikan ini sangat berguna dalam memberi pengaruh. Contoh stiker, andai ditempel disuatu tempat, teman teman akan membacanya. Jika sudah terbaca setiap hari, they will make impact to the readers for sure.
                Ketiga, yang ikut aksi orang orang keren. Hehe. Ga tahu sih ini penting atau ga, tapi menurut ane, peserta aksi kali ini semuanya keren. Ya of course, they love they hope Indonesia will be better. Everyone wanna it. Diikuti oleh mahasiswa STAN dan FMKI (Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia), dengan “bentuk” manusia yang “berbadan” dan terlatih untuk menjadi calon birokrat, keramahan peserta aksi menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat yang ditemui di setiap titik. Dengan bervariasinya “ketebalan rambut “ peserta aksi, kelompok aksi ini menjadi daya tarik sendiri. Apalagi teman teman sangat ramah pada masyarakat.
                Ini adalah aksi yang luar biasa. Untuk selevel mahasiswa STAN yang terkenal “jarang turun” maka aksi ini memberikan suatu bentuk yang berbeda dari aksi aksi yang pernah ane ikuti sebelumnya. Apapun itu, kita selalu berusaha untuk Indonesia yang lebih baik. I Do, we do, you do. dan kampus calm itu sebenarnya punya “care” juga loh terhadap gerakan gerakan untuk Indonesia yang lebih baik. Hanya saja kita punya cara yang lebih “berilmu” dan lebih “membangun”. Aksi ini hanya 1% dari usaha mahasiswa kampus ini untuk Indonesia yang lebih baik. Jika ingin mengetahui lebih banyak, datanglah kesini, dan mari kita saling bertukar pikiran terhadap “cara terbaik” untuk Indonesia yang lebih baik
                “Kampus ini peduli. Jangan hukum namanya karena tingkah satu orang rendah (ga mau ane bilang nama gayus. Amit amit dah). Jika ingin membuktikannya, datanglah kesini dan mari kita bertukar pikiran. Untuk Indonesia yang lebih baik”.

Komentar

Postingan Populer