Instagraming

Gerakan, Ikatan, Impian! (Versi 1500 karakter)

67 tahun lalu negeri ini merdeka. Hari ini, Rakyat kelaparan, miskin keadilan, langka kesehatan, bertumbuhnya pengemis jalanan. Menggenaskan! Merdeka katamu? Ini bahkan lebih hina dari penjajahan.

Aku ingat kata bung karno. Perjuanganku lebih berat dari perjuangannya, ia melawan penjajah, aku melawan saudara satu bangsa. Negara mapan tapi miskin kesejahteraan. Bukan karena tidak banyak mengalir, tapi karena banyak uang yang disetir. Masuk ke kantong dia dan mereka.

Dan aku harus membunuhnya dan menguburnya kedalam sejarah hitam negara. Tapi aku tidak bisa sendiri. Aku perlu dia, mereka, kita! Gerakan Kita! Bukan sekedar upacara. Bukan sekedar simbolisasi. Ia harus massive, bertujuan, terkoordinasi, dan bermanfaat.

Aku bisa tangkap sampah-sampah bangsa. Tapi itu tidak cukup. Penyakit ini telah diwariskan, hari ini penyakit itu akan diwariskan. Memutusnya, generasi baru akan terselamatkan.

Satu tahun aku tanam, dua tahun aku rawat, tiga tahun aku rasakan manisnya. Aku perlu kasih pupuk kejujuran, pupuk kemaluan. Aku perlu pula sebarkan pupuk kecintaan dan integritas. Yang kecil akan menjadi remaja, ia akan menyebarkan sporanya, yang remaja akan menjadi pemuda, ia akan perluas rantingnya. Yang pemuda akan menjadi tua, ia akan berikan buahnya.

Negeri ini akan punya kekuatan. Gratifikasi akan hilang dalam Kemaluan. Suap akan sirna diujung kejujuran. Aku punya kesempatan. Dan negeriku akan semai kesejahteraan. Tidak 3 tahun, tidak 20 tahun, tidak 100 tahun, tapi segera.

Komentar

Postingan Populer