Instagraming

Rencana Omong Kosong

"Bisnis itu di mulai dari sini dan Berakhir pula disini, KEYAKINAN" - Riyan Al Fajri

Tanggal   : 17 Maret 2013
Pemateri: Joko Widodo (Gubernur DKI Jakarta, Pengusaha mebel)
Waktu    : 13.20 – 14.10
Tempat  : SMESCO Convention Hall
Even      : Diskusi Intrepenuership bersama Chairul Tanjung dan Joko Widodo

Kewirausahaan adalah merubah suatu hal menjadi lebih berharga. Menjadi wirausaha tidak harus punya modal, yang penting langsung mulai. Jangan banyak rencana. Banyak rencana tidak akan memulai apapun. Itu hanya akan membingungkan diri sendiri. Jangan tunggu tunggu. Ketika kita.tidak punya modal, usaha kita harus lebih kuat, suatu saat pintu pasti akan terbuka. Fokus pada satu usaha. Meski bangkrut, tetap lanjutkan. Pengalaman kegagalan akan menjadi guru untuk menghindari gagal berikutnya. Harus konsisten dan istiqomah.

Kenapa harus konsisten? Konsisten membangun pengetahuan untuk kita menghadapi kegagalan yang sama. Kita akan belajar bagaimana menghadapinya. Dengan konsisten kita mampu membangun trust pada pelanggan. Karena kepercayaan itu adalah hal terpenting dalam bisnis. Jika sekali saja anda kehilangan kepercayaan pelanggan, dia tidak akan menjadi pelanggan anda lagi.

Selain itu, Anda harus memberikan pelayanan yang maksimal. Jika perlu, anda sambut pelanggan anda dari turun pesawat hingga ke toilet. Jangan tanggung-tanggung melayani pelanggan, ingat, sedetik pelanggan merasa pelayanan yang lain lebih baik dari pada yang anda berikan. Mereka akan pergi kapan saja mereka mau.

Jangan pula bermimpi untuk sukses jika sama dengan orang lain. Anda harus terus berinovasi dan berkreasi. Setiap saat produk akan banyak yang meniru, jika anda berinovasi, anda akan tetap menjadi pilihan pertama pelanggan anda. Ingat, Wirausaha itu bukan rutinitas jadi harus selalu ada perubahan. Tidak hanya melakukan itu itu saja.

Kiat sukses:
+ inovatif n kreatif
+ mampu melihat n menangkap peluang
+ motivasi tinggi
+ fokus
+ konsisten untuk menimbulkan trust
+ berani ambil resiko
+ kemampuan bekerja sama dan komunikasi

Ingat pula, Kini era horizontal, jadi kita harus komunikatif dengan semua orang. Jangan bergaul secara eksklusif. Mentang-mentang kita sudah mulai sukses jadi kita batas pergaulan pada komunitas tertentu. Jangan pernah lakukan itu! Jika kita bergaul secara eksklusif saja, kita tidak akan bertemu pangsa pasar. Dengan bergaul dengan semua orang, kita akan mengetahui kebutuhan pasar. Dan itu peluang yang menarik untuk kita.

Pemateri : Chairul Tanjung (Ketua Komite Ekonomi Nasional, Pemilik CT Corp, Mega Corp, Trans Corp, Carrefour Indonesia, dan Media Online Detik.com )
Waktu    : 14.20 – 15.30
Tempat  : SMESCO Convention Hall
Even      : Diskusi Intrepenuership bersama Chairul Tanjung dan Joko Widodo

Ada 4 nilai dari pengalaman.hidup yang bisa dipetik dari buku “Chairul Tanjung si Anak Singkong”:

1. Sukses milik semua orang tergantung pada usaha pribadi
Jangan mencari alasan untuk tidak sukses dg jabatan atau kekayaan orang tua. Beliau lahir dari keluarga yang kurang mampu. Beliau lahir di bantaran rel kereta.

"Saya adalah anak orang yg kurang mampu, tapi saya yakin saya bisa n sekarang inilah saya, sukses"

Untuk sukses, kita butuh trigger. Kenapa trigger? Trigger adalah pemicu kita untuk berbuat lebih baik. dengan berbuat lebih baik, kita akan punya motivasi dan target. Dan itu akan memberikan kita keberanian untuk mewujudkan ide gila yang ada dikepala kita.

Selain itu, wirausaha butuh komitmen. Tanpa komitmen, wirausaha itu omong kosong. Komitmen melahirkan kepercayaan pelanggan. Apabila pelanggan telah percaya, anda akan mudah mengembangkan bisnis anda selanjutnya.

2. Mulailah dari sesuatu yang Anda kuasai. Untung tidak penting. Yang penting berhasil. 10ribu yang pertama lebih susah dari pada 1 miliar yang kedua. Jangan hanya berhayal dan menunggu. Just do it.

Memulai sesuatu adalah langkah terpenting dalam wirausaha. Apabila kita memulai sesuatu dan gagal, itu akan mereduksi semangat kita untuk melakukannya lagi. Jadi, untuk yang pertama, lakukanlah hal yang kamu bisa. Lakukan yang kamu kuasai. Sehingga, meski hasilnya kecil, itu melahirkan semangat untuk melakukannya lagi dan lagi. Ingat, motivasi untuk mencoba adalah yang terpenting dalam wirausaha.

Modal pun tidak perlu. Anda bisa memulai usaha dengan mol Rp 0,-. Yang penting anda punya teman. Karena teman adalah modal yang penting. Melalui teman anda bisa kembangkan bisnis anda atau memulai bisnis lain. Setelah itu, bangun kepercayaan, trust, because trust help you every time.

3. Dalam kehidupan ini, lakukanlah sesuatu itu sebaik-baiknya.
Kita harus kuat karena pengusaha harus kuat. Pengusaha yang lemah tidak akan sukses. Selain itu tidak boleh menyerah. Terus maju tanpa mau kalah. Lakukan sesuatu dengan kekuatan terbaik kita. Apapun yang terjadi, hadapi!

Pengalaman tentang organisatoris itu penting. Itu akan membantu kita dalam management usaha kita. Kita bisa belajar dari bangku kuliah dengan bergabung ke organisasi-organisasi. Selain itu, pengalaman intrepenuership juga penting. Tidak penting uang nya, yang penting adalah pengalaman wirausahanya. Lingkungan pun memberikan pengaruh terhadap warna kerja kita n kerja sosial akan membantu kita mengenal pangsa pasar kita

Ingat baik-baik, untuk handal mengelola usaha, anda harus mempersiapkan diri anda dengan:
+ Pengalaman Organisasi (kemampuan management)
+ Pengalaman Intrepenuership
+ Lingkungan sekitar

Tapi diantara itu semua yang terpenting adalah berani berbuat. Tidak perlu banyak rencana, JUST DO IT. Dan biarkan semuanya berjalan sebagai mana mestinya. Masalah bisnis gagal dan susah, tidak masalah! Dalam kurun waktu 7-10 tahun, jika anda menekuni bidang yang sama, anda sudah dapat mengatasi setiap masalah yang ada.

4. Bersifatlah optimis. Optimis memacu capaian masa depan.

Optimis. Percaya diri. 20 tahun lagi datang kepada saya dan katakan!

"Saya yang datang pas diskusi bapak dan pak Jokowi di gedung SMESCO tahun 2013. Saya datang bertemu bapak dan sekarang saya lebih besar dari bapak".

#Challenge Accepted!

Komentar

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer