Instagraming

Ini Musimku, Mana Musimmu?

Bila diingat benar zaman dulu itu ada setidaknya 18 musim dalam setahun(*yang saya ingat). Dan musim ini tidak bersangkut paut dengan bulan ya. Ini musim yang saya alami setiap tahun selama anak-anak.



Ini musim ku. Apa musim mu? *Ternyata masa kecil gue bahagia banget haha*

1. Musim Layang-Layang
Anak-anak main layangan, sampai ada perlombaan. Hal yang paling keren dari musim ini ya membuat layangan. Kami yang masih kecil masuk ke hutan mencari bambu. Lalu bambunya dipotong kecil-kecil. Lalu diikat dengan benang membentuk kerangka layangan. Ada banyak macam layangan spt: Layangan biasa, layangan dongung, layangan Ajo.

Layang Dongung suaranya keras karena dua sayapnya diikat lagi dengan benang. Benang tersebut membentu pita suara yang membuatnya bersuara menggelegar. Layangan Ajo adalah layangan super besar. Biasanya yang buat orang-orang dewasa. Layangannya lebih besar dari pada kami.



Biasanya kita beli benang khusus. Benang kaca namanya. Kita pakai lalu adu dengan layangan lain. Putus lalu main kejar-kejaran layangan putus. Siapa pertama dapat, dia yang berhak. No excuse. Itu hukum layangan no.1. Meski yang punya layangan ngejar layangannya.
Musim ini biasanya sebelum musim hujan datang. Saat angin sedang kencang-kencangnya.

2. Musim Gasing
Musim ini kebanyakan kita ikut lomba adu gasing. Kita cari kayu dihutan gitu, lalu dibentuk sendiri. lalu diadu dengan punya kawan. yang gasingnya berhenti atau pecah, ya kalah. Biasanya setiap kali ngadu gasing dan menang, gaya menang nya kalah gaya Cristiano Ronaldo mencetak gol. haha



3. Musim Gambar
Pernah lihat kumpulan gambar yang ada nomor disebelah kirinya? Ya. Gambar-gambar tersebut dipotong. Lalu dikocok. Dipertaruhkan. Yang nilainya tinggi (maksimal 9 “18 = 9, 27 = 9”). Intinya bisa dimainkan kayak kartu remi lah. Cuma kalau menang tak dapat uang, dapatnya gambar yang lebih banyak lagi. Plus gambarnya bisa dijual.

4. Musim Sampan
Biasanya 17 agustusan lomba sampan, diawali dengan anak-anak berenang didermaga. Kalau anak-anak sudah mulai mengambil pancingan, atau sering nongkrong di dermaga. Alamat kata kita ujung-ujungnya nyemplung ke sungai. Dan tidak lama setelah setiap sore kami berenang disungai, pasti ada lomba sampan. Tak paham juga, tapi ini benaran terjadi.

5. Musim Bo-Gotah
Bo-Gotah adalah Buah dari pohon karet. Musim ini biasanya dimulai bila pohon karena mulai berbuah banyak. Jadi ketika lewat, ada bo-gotah dijalan-jalan. Nah, biasanya dikutip sama anak-anak. Di sekolah dipertandingkan. Bo-gotah diadu. Yang pecah, ya kalah.



Dulu saya dan kawang mencari bo-gotah sampai ke hutan-hutan. Istilahnya, semakin ke dalam hutan bo-gotah nya semakin tangguh buahnya. Entah darimana info ini datang, tapi semua anak-anak dimasa kecil saya percaya akan hal ini. haha

6. Musim Debuk
Ini semacam permainan hide and seek, bedanya untuk menangkap orang, ketahuan ya ditepuk dada kita. kalau ada orang sembunyi menepuk dada kita, kita kalah dan hide and seek diulang lagi. Kadang divariasikan dengan menendang bola. Jadi bola diletak didalam daerah tertentu. Ditendang. Waktu kita sembunyi adalah selama si yang jadi mengambil bola dan meletakkan pada tempat semula. Setelah selesai sampai ditempat semula, dia mulai mencari anak yang sembunyi.



Bila ada yang ketangkap, istilahnya si anak ditahan. Untuk membebaskannya, ya orang yang belum ketangkap menendang bola. Dan si yang jadi mengejar bola lagi. Semua punya waktu sembunyi lagi.

Dan tahukah kamu? Saya selalu menangis kalau main ini. kalah terus soalnya. haha

7. Musim Kasti
Semua pasti tahu lah permainan zaman sekolah ini. Tak perlu dijelaskan rinci. Yang pasti bola kasti itu dilempar ke badan lawan untuk mengalahkan lawan. 3 kali kesempatan kalau tidak salah.



8. Musim Bola
Mungkin selain layangan, Musim bola adalah musim dimana anak antar kampung melupakan prestige kampungnya. Haha. Biasanya, untuk musim tertentu, anak satu kampung hanya main dikampung nya saja. Tapi kalau musim bola, mainnya ya tanpa memperdulikan kampung.

Semua anak tanpa memperdulikan asal sekolah main bola dihalaman-halaman kampung manapun. Selama ada bola tentunya. Mainnya misal di halaman mesjid, sekolah, rumah pak RT. Kaca pecah? Lari!!!

9. Musim Karet
Ini adalah satu-satunya musim anak perempuan paling lama. Anak laki-laki juga ada yang mengalami musim karet loh. Biasanya kalau udah bosa dengan permainan yang ada. waktunya tentatif. asal ada yang mulai langsung jadi tren deh. Anak perempuan lebih sedikit musimnya. Misal musim masak-masak, bapak-ibu, karet, dsb. Ah, menjadi anak perempuan itu membosankan. haha



10. Musim Gamebot
Nah, biar agak keren dulu juga ada teknologi game anak kecil loh. Gamebot namanya. Biasanya cuma bertahan 2 mingguan lah musim ini. Biasanya satu orang anak bisa punya 1-3 buah gamebot. Kok bisa? Ya, setiap gamebot gamenya beda-beda. Haha. Produsen gamebot nya pandai mendiversifikasikan pasarlah.



11. Musim Tamagochi
Dibanding Gamebot, tamagoci lebih lama bertahannya. Soalnya kan bisa duel gitu. Gamebot agak bosan mainnya. Karena itu-itu saja. Tamagochi? Kalau mati punya kita, bisa-bisa nangis deh. Haha (*saya nangis soalnya dulu)



12. Musim Tamia
Sejak invansi teknologi jepang ke dunia anak perdesaan, terutama melalui Lets and Go, tamia pun jadi salah satu musim bagi anak-anak. Kalau tak main tamia rasanya hilang kegantengan 100%. Dan kalau mau makin ganteng, tamia nya harus berdinamo hitam. Btw dulu ada 5 warna dinamo. Paling lemah itu putih, biru, hijau, merah dan hitam.

Akhirnya mulai beramai-ramai kita membeli tamia berdinamo hitam. Tapi harganya Rp 6000. Ya sama saja kecepatannya. Tetap kalah dari yang tamia Auldey. Haha (*Audi merek tamia ORI yang kecepatannya menakjubkan)

 

13. Musim Perang
Anak-anak membuat sumpit dari bambu yang diisi biji jambu. Itu dipakai untuk menembak lawannya haha. Termasuk teknologi keras loh ini. Jadi benar-benar dibuat semacam pistol gitu. Selain itu juga ada ketapel. Pokoknya siap-siap sakit lah badan kalau kena tembak. Mereka nembak tanpa pakai otak soalnya. Gaya nya pun tak kalah dari tentara profesional.

14. Musim Lelo
Pernah main meriam? Lelo adalah meriam dari bambu. Pakai api, minyak. Bunyinya itu loh "duaaarrr". Makin kuat makin ganteng yang mainnya. ini hukumnya haha.



15. Musim Ngaji
Biasanya ketika Ramadhan atau mau tahun baru islam. Semua anak-anak mulai pamer guru ngaji, banyak hafalan dan kemerduan suara baca Quran.

16. Musim Patok Lele
Semacam pertandingan Baseball tapi menggunakan kayu dan ranting sebagai bolanya. Seram? Iya. tapi itu seninya haha.



17. Musim Kartu rokok
“Gudang garam 10ribu, Surya 25ribu, Dji sam Soe ndak laku. Haha”

Dulu ada musim kita memungut kotak-kotak rokok. Semakin langka kotak rokok itu semakin mahal harganya. Lalu dalam pertandingan dipertaruhkan. Kotak rokok tersebut disusun dalam lingkaran, kita lempar pakai sepatu. Yang harga tertinggi yang menang.

18. Musim Kelereng
Siapapun dari kamu pasti mengalaminya haha


Kalau sekarang? Game nya cuma di tablet, PS4, android, dsb. Kasihan anak-anak zaman sekarang ya.  T_T
*Balikkan masa kecil yang indah!!!!*


Ini Musimku, Mana Musimmu?

KET:
Semua foto diambil dari Google kecuali foto pertama yang merupakan foto masa kecil saya dan teman saya Maya.

Komentar

Postingan Populer