Instagraming

Dana Haji ke Infrastuktur, Gimana Bang?

 "Bang, lagi hot issue soal dana haji yang bakal di jadikan infrastruktur. Kok jokowi ngambil duit umat sih sekarang. itu kan utang negara ke umat islam. udah pada jual sawah, ladang cuma buat uang itu loh"
pertama, kita belum tau model pembiayaannya seperti apa.
kedua, dana haji itu bisa dibilang cash yang idle. Tapi telah dikelola dengan investasi jangka pendek. Sama seperti kas negara bisa dikelola utk mengurangi cost of fund nya dana tersebut. Bagaimana cara mengelola idle cash? Biasanya diinvestasikan pada investasi jangka pendek dan aman. Biaya adm idle cash tertutupilah oleh untung nya pengelolaan kas tersebut.
misal: kamu punya tabungan yang g akan kamu pakai 10juta. bunga tabungan 3% (3/12 x 10jt /100=25.000) . biaya adm bank 15 ribu perbulan, biaya atm 9000 perbulan. jd tambahan sebulan dlm rekening mu (25.000 - 24.000 = 1.000).
sedangkan bila kamu tempatkan pada deposito bulanan 6% (6/12 x 10jt/100= 50.000). maka tambahan dalam rekening bulanan (50.000-24.000 = 26.000)
ketiga, apakah pembangunan infrastruktur publik adalah investasi jangka pendek? Tidak.
Keempat, apakah pembangunan infrastruktur publik adalah investasi yang aman? Sampai hari ini abang belum pernah dengar negara menjual jalan raya. kalau Jalan tol? Aman dan untung besar.
kelima, bila skenario yang dimaksud presiden adalah memanfaatkan idle cash tersebut untuk pembangunan dengan pemerintah tetap menjamin semua yang bayar berangkat, itu bisa diterima.
Jadi Dana idle dipakai untuk membangun, pemerintah tidak keluar kas, tidak perlu utang, tidak perlu bayar bunga, masyarakat dapat manfaat double, pemerintah baru keluar kas untuk memberangkatkan Haji jamaah sesuai jadwalnya.
keenam, maka pengurangan cost of fund yang dimaksud tidak hanya biaya dari penimbunan idle cash saja, melainkan akan menjadi pengurangan beban bunga masa depan pada struktur APBN akibat pembangunan infrastruktur. Dilain pihak, masyarakat bisa menikmati fasilitas publik dari infrastruktur yang dibangun dengan lebih banyak dan TETAP bisa naik haji.
Ketujuh, bila skenario itu yang dimaksudkan, itu baik dan perlu mendapat dukungan.
kedelapan, bagaimana akad nya? Tidak ada yang salah.
Uang disetor utk dana naik haji. Pemerintah menaikhajikan penyetor dana sesuai jadwalnya.
Akad orang 1 - Badan pengelola dana haji
Dana haji yang dipakai infrastruktur harus memiliki jaminan dari pemerintah atas ketersediaan dana sebesar dana yang digunakan untuk keberangkatan haji penyetor sesuai jadwalnya.
akad badan pengelola dana haji - Bendahara Umum Negara

Komentar

Postingan Populer